Kamis, 17 Januari 2019

Kedatangan Bangsa Barat KeIndonesia

    Kedatangan Bangsa Barat KeIndonesia

         Hello everyone, selamat datang diblog "Learning history is more fun". Today saya akan membahas kedatanga bangsa asing ke Indonesia. Mungkin yang kalian tau bangsa asing yang pertama keIndonesia adalah belanda, tapi bangsa yang pertama ke Indonesia adalah bangsa Portugis, untuk lebih jauh simak dengan baik


Sumber; Suryo Hartono
Gambar; Rute penjelajan bangsa barat

    Bagi bangsa Barat, dunia Timur merupakan wilayah yang asing. Akan tetapi tujuan bangsa Eropa ke dunia Timur adalah :

1.      Mencari kekayaan termasuk berdagang (Gold)
2.      Mencari kemuliaan bangsa (Glory)
3.      Menyebarkan agama (Gospel) 
      Dengan semangat yang pantang menyerah, akhirnya bangsa Barat berhasil menemukan dunia Timur. Bahkan, dalam perkembangannya mereka berhasil menjalankan praktik kolonialisme dan imperialisme. Adapun proses perjalanan perjalanan bangsa barat ke Indonesia sebagai berikut.
1.Bangsa Portugis
         Bangsa Portugis merupakan pelopor kegiatan penjelajahan samudra, keberanian para pelaut Portugis dalam penjelajahan samudra membuka jalan bagi penjelajah bangsa-bangsa Barat. Pada tahun 1487  Bartholomeus Diaz memimpin rombongan pertama, penjelajahan Portugis rombongan ini melakukan penjelajahan nya dengan menyusuri pantai barat afrika dan berhasil mencapai Tanjung Harapan pada tahun 1488. Penjelajahan berikutnya dipimpin oleh Vasco da Gama yang berhasil mencapai daratan kalikut India tahun 1497 di India bangsa Portugis membangun pangkalan dagang.
      pada 1511 bangsa Portugis berhasil menguasai malaka dan menjalankan monopoli perdagangan di bawah pemimpi Alfonso de Albuquerque tersebut mendorong bangsa Portugis berusaha menemukan daerah penghasil rempah-rempah di kepulauan Maluku. Akhirnya pada 1512 bangsa Portugis berhasil mencapai kepulauan Maluku dibawah pimpinan Anthony de abreu dan Fransisco Serrao. 
     Setelah mencapai Maluku Portugis mendirikan kantor dagang (feitoria) di daerah yang dikuasai. Dalam perkembangannya kantong perdagangan ini berubah menjadi benteng untuk mempertahankan kekuasaan di daerah-daerah yang sudah didudukinya, daerah-daerah tersebut kemudian dijadikan sebagai bagian kerajaan Portugis yang berada di sebelah lautan Portugis berhasil menguasai Maluku dengan memanfaatkan persaingan antara kerajaan Ternate dan kerajaan Tidore.
     Dalam persaingan antara kerajaan Ternate dan kerajaan tidore, Ternate meminta bantuan kepada Portugis. Portugis bersedia membantu kerajaan Ternate dengan syarat Portugis berhak memonopoli rempah rempah. Dalam perkembangannya, muncul ketegangan antara Ternate dan Portugis ketegangan tersebut terjadi karena rakyat mengalami kesulitan menjual rempah-rempah akibat monopoli Portugis.

2.Bangsa Spanyol
       Rute penjelajahan samudra bangsa spanyol berbeda dengan rute penjelajahan bangsa Portugis. Bangsa spanyol menempuh perjalanan ke arah barat menyeberangi Samudra Atlantik. Christophorus Columbus berhasil mencapai kepulauan bahama pada tahun 1492. Selanjutnya Amerigo Vespucci berhasil menemukan Amerika pada tahun 1499. 
      Dari daratan amerika bangsa spanyol melanjutkan pelayaran menyeberangi Samudra pasifik dan akhirnya mendarat di kepulauan Filipina. Bangsa Spanyol mendarat di kepulauan filipina di bawah pimpinan Ferdinand Magellan pada tahun 1519. Akan tetapi, Ferdinand Magellan tewas dalam peperangan melawan penduduk setempat akhirnya Sebastian del cano menggantikan Ferdinand Magellan untuk melanjutkan penjajahan dan berhasil mencapai kepulauan Maluku pada tahun 1521.
      Ketika Spanyol mencapai kepulauan Maluku, daerah Ternate setelah dikuasai Portugis. Kondisi tersebut menyebabkan Spanyol memilih tidore sebagai tempat berlabuh. Bangsa Spanyol disambut dengan baik oleh sultan sultan tidore yang saat itu membutuhkan bantuan untuk menghadapi Ternate. Bagi Portugis kedatangan Spanyol menjadi pesaing dalam perdagangan rempah-rempah. Persaingan tersebut menyebabkan pertempuran antara Spanyol dan Portugis. Spanyol bersama tidore menyerang Portugis yang bersekutu dengan Ternate. Akan tetapi, Spanyol dan tidore kalah dalam pertempuran tersebut dan Spanyol harus mendatangi mendatangi perjanjian saragosa pada tahun 1529. Akibat perjanjian tersebut Spanyol harus meninggalkan Maluku dan memusatkan kegiatannya di Filipina.

Isi Perjanjian Saragosa: 
  1. Daerah kekuasaan dan pelayaran Portugis adalah dari Brazilia ke Timur sampai Halmahera (Maluku).
  2. Spanyol berkuasa atas Mexico ke Barat terus sampai Phillipina.
3.Bangsa Inggris
       Dalam melakukan penjelajahan samudra, bangsa Inggris mengikuti rute pelayaran bangsa Spanyol itu berlayar ke arah barat. Penjelajahan bangsa Inggris yang pertama dipimpin oleh Francis Drake dan Thomas Cavendis . Penjelajahan ini berhasil mencapai Ternate pada tahun 1580. Walaupun bahasa Inggris berhasil tiba terlebih dahulu di kepulauan nusantara pengaruhnya tidak terlalu besar seperti belanda kondisi ini disebabkan persekutuan dagang antara Inggris yaitu East India Company  (EIC) terdesak oleh Belanda. Akibatnya, Inggris himenyingkir ke India dan Asia Timur.

4.Bangsa Belanda
      Bangsa Belanda mengikuti rute pelayaran bangsa Portugis. Faktor penyebab karena banyak orang Belanda yang bekerja di pelayaran Portugis. Pedoman yang digunakan bangsa Belanda dalam melakukan penjelajahan samudra adalah buku yang berjudul itinerario naer oost ofte portugaels indien (Pedoman Perjalanan ke Timur atau Hindia Portugis) karya Jan huygen Van linschoten. Buku tersebut memuat peta dan deskripsi terperinci mengenai penemuan-penemuan bangsa Portugis.
     Bangsa Belanda melakukan penjelajahan pertamanya yang dipimpin oleh Cornelis de Houtman. Pada tahun 1596 robomongan ini berhasil mendarat di pelabuhan Banten melalui Selat Sunda. Akan tetapi ramuan ini diusir oleh penduduk setempat karena betina tidak sopan. Penolakan masyarakat banten diperkirakan juga terjadi karena hasutan Portugis.
       Pada tahun 1598 bangsa Belanda mendarat untuk kedua kalinya di Banten di bawah pemimpin Jacob van neck. Kedatangan kedua ini mendapatkan sambutan baik dari pemimpin lokal. Kondisi ini karena rombongan tersebut bersikap ramah dan menghargai masyarakat setempat. Sambutan baik masyarakat Banten semakin terlihat ketika bangsa Belanda mendirikan kantor dagang yang disebut dengan loge (loji). Selanjutnya, banyak pedagang Belanda yang datang ke Indonesia. Banyaknya pedagang Belanda yang datang ke Indonesia menyebabkan munculnya Persaingan di antara mereka sendiri. Untuk mencegah persaingan tidak sehat pada tahun 1602 belanda mendirikan Vereenigde Oost Indische Compagnie (VOC)/perserikatan maskapai hindia Timur. VOC merupakan gabungan dari beberapa perusahaan dagang Belanda.
       Gubernur yang pertama ialah Pieter Both. Ia menentukan pusat perdagangan VOC di Ambon, Maluku. Oleh karena jawa dipandang lebih strategis sebagai lalu lintas perdagangan, ia kemudian memindahkan pusat perdagangan VOC ke jayakarta (Jakarta). Selain itu, Belanda ingin menyingkirkan saingan mereka yaitu Portugis di Malaka.
     Pangeran Jayawikarta selaku penguasa wilayah Banten memberikan izin kepada VOC untuk mendirikan kantor perdagangan di jayakarta. Akan tetapi, pangeran jayawikarta juga memberikan izin kepada persekutuan dagang Inggris (EIC). Kebijakan tersebut menyebabkan Belanda tidak menyukai pangeran Jayawikarta. Pada tahun 1615 Jan pieterszoon Coen (J.P. Coen) diangkat sebagai jenderal kedua. Ia membujuk penguasa kerajaan Banten untuk memecat pangeran Jayawikarta. Ia juga memohon agar izin kantor EIC dicabut. Pada 31 maret 1619 keinginan VOC dikabulkan oleh raja Banten.
     Raja Banten yang mengabulkan keinginan VOC menjadi mata rantaian kekuasaan VOC dan Belanda pada masa berikut. VOC leluasa melakukan kegiatan karena diberi kelonggaran oleh penguasa Banten. Dalam perkembangannya, VOC menghancurkan jayakarta dan membangun kota modern pertama Batavia. Di Batavia VOC juga mendirikan benteng sebagai pertahanan, pusat kantor dagang, dan pemerintahan.
    Kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia di atas menandai era penjajahan bangsa Indonesia. Satu demi satu daerah di Indonesia dikuasai bangsa asing. Penjajahan telah menyebabkan penderitaan bangsa Indonesia.

Sumber: httpd://tinyurl.com/ya87gg32 
http://sejarahbudayanusantara.weebly.com/portugis.html 


Mohon maaf bila ada yang salah, apabila ada yg kurang silahkan tulis di kolom kommentar. Sekian dari adik nya memBts.

~See you next time guys

7 komentar:

Latar belakang munculnya Nasionalisme Indonesia

Latar belakang munculnya nasionalisme Indonesia      Hi guys!!! Welcome to the Chimie blog "Learning History is more fun!!!&qu...